Senin, 17 Juni 2024


Mengungkit Nilai Tambah Nanas Madu Galang Berstandar SNI

03 Des 2023, 10:26 WIBEditor : Gesha

Nanas madu galang Berstandar SNI | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Mempawah -- Dibalik setiap gigitan manis nanas madu galang terdapat lebih dari sekadar kenikmatan rasa. Nilai tambah ini tidak hanya mencakup kelezatan, tetapi juga kepastian standar kualitas tinggi sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). 

Kesadaran masyarakat terhadap dampak negatif pestisida dan pupuk kimia terhadap kesehatan dan lingkungan mendorong peningkatan permintaan produk organik.

Pola hidup sehat dan ramah lingkungan, yang menjadi tren internasional, menuntut produk pertanian dengan atribut keamanan konsumsi, kandungan nutrisi tinggi, dan ramah lingkungan.

Potensi besar untuk menghasilkan produk organik terletak di Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Mempawah, dengan luas lahan gambut yang mencukupi.

Salah satu komoditas unggulan adalah nanas madu Galang, varietas unggulan dengan cita rasa manis, bobot buah yang ideal, dan nilai jual tinggi. Varietas ini telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, memperkuat potensi pertanian organik di daerah tersebut.

Di Kabupaten Mempawah, petani nanas Madu Galang di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, umumnya menggarap lahan gambut dengan metode pertanian organik.

Meskipun produksi nanas cukup tinggi, sebagian besar petani belum mengenal Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk pertanian organik dan standar mutu nanas.

Oleh karena itu, Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) melalui  Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Barat melakukan sosialisasi, diseminasi, dan pendampingan penerapan standar secara kolaboratif agar dapat meningkatkan pemahaman dan implementasi standar ini di lapangan, dengan strategi pendampingan yang efektif dan efisien.

Lantas bagaimana bentuk pendampingannya? Klik selanjutnya

Reporter : BPSIP Kalimantan Barat
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018