Kamis, 22 Agustus 2019


Ragam Pangan Olahan Jagung

11 Peb 2019, 14:26 WIBEditor : Yulianto

Aneka bentuk olahan jagung | Sumber Foto:Yulianto

 

No

Produk Olahan

Keterangan

1

Mie Jagung

Mie jagung merupakan produk baru yang dapat dikembangkan dalam rangka diversifikasi pangan. Nilai energi yang terkandung dalam mie jagung lebih tinggi dibandingkan dengan nilai energi pada nasi, singkong, dan ubi jalar. Tingginya nilai energi yang terdapat pada mie jagung instan menunjukkan produk tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pangan pokok alternatif pengganti nasi.

Namun untuk keseimbangan konsumsi gizi, tetap dibutuhkan bahan pangan lain yang dapat mencukupi kebutuhan gizi seperti protein hewani, sayuran dan buah-buahan. Mie jagung instan juga tidak menggunakan pewarna seperti halnya mie terigu instan.

Terdapat hubungan antara beta karoten dengan vitamin A yang berhubungan dengan pencegahan dan penyembuhan penyakit jantung koroner dan kanker. Hal ini dikaitkan dengan fungsi beta karoten dan vitamin A sebagai antioksidan yang mampu berperan pada fungsi kekebalan dan sistem perlawanan tubuh.

2

Oyek Jagung

Walaupun produksi dan potensi jagung sebagai bahan pangan penunjang tinggi, tetapi jagung tidak tahan lama. Jagung tongkol hanya tahan sampai 2 bulan, jagung pilihan ± 3 bulan, dan jagung berkulit ± 5 bulan. Untuk memperpanjang daya simpan jagung dapat diolah menjadi oyek jagung. Dengan pengolahan yang baik, oyek Jagung ini tahan sampai 1 – 2 tahun.

3

Tortila.

Tortila dari jagung sangat terkenal di Mexico, Amerika Tengah dan bagian Selatan Amerika. Kata tortila berasal dari bahasa Spanyol yang berarti jagung. Tortila merupakan sumber karbohidrat dan protein yang cukup berarti terhadap penduduk yang masih miskin di daerah Amerika Tengah, karena tortila dijadikan bahan makanan utama.

4

Corn Flake

Corn Flake adalah sejenis makanan yang terbuat dari jagung, digilas hingga tipis seperti emping. Di Malaysia, produk yang disebut emping jagung ini biasanya dikonsumsi setelah dicampur dengan susu segar dan buah kering atau segar. Di Amerika Serikat biasanya produk ini digunakan untuk sarapan.

 

 

 

 

 

 

Reporter : Jhon David H
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018