Friday, 18 June 2021


UMKM Dodol Pasar  Bengkel Tembus Retail Pasar Moderen 

31 May 2021, 15:11 WIBEditor : Ahmad Soim

Dodol Sejahtera | Sumber Foto:RE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Serdang Bedagai -- Dodol Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai merupakan ikon UMKM yang telah melekat di hati masyarakat Sumatera Utara (Sumut).

Dodol Pasar Bengkel sebagai pusat oleh oleh khas yang bercirikan kearifan lokal masyarakat, sudah ada sejak tahun 1980.

“Awalnya tahun delapan puluhan masyakat Pasar Bengkel belajar membuat dodol dan kerajinan tikar ayaman bambu dan lainnya dari kabupaten Langkat, tepatnya di kecamatan Tanjung Pura,” kata Rita Dodol Sejahtera Sabtu 30/5/2021  saat tabloidsinartani.com ke Toko Dodol Sejahtera.

BACA JUGA:

Menurut Rita usaha ini merupakan usaha warisan dari orang tuanya. Pada awalnya sekembalinya Rita  dari Papua, ikut suami, melihat orang tuannya sudah tua, maka terpikir olehnya untuk tidak pergi lagi ke Papua tetapi ingin meneruskan usaha warisan.

Pada masa awalnya dodol tiga rasa dengan merek Dodol Unyil, karena kecil kecil. Setelah Rita belajar dan   mengikuti pelatihan ke Bogor dan lain lain, ia bisa  membuat 13 varian rasa. Untuk mengembangkan usaha maka Rita merubah merek dagang menjadi Dodol Sejahtera.

 Rita sering diminta menjadi narasumber pelatihan pembuatan dodol 13 varian.  Sampai saat ini Rita tetap mengajak teman temannya untuk melakukan inovasi  baik cita rasa, varian, bentuk dan kemasan sehingga konsumen senang.

Pasar bengkel ini pada masa sebelum beroperasinya jalan tol merupakan pusat oleh oleh. Orang yang hendak pergi ke Pematang Siantar Parapat, Pekan Baru, Padang dan lain lain pasti semua kendaraannya berhenti untuk membeli oleh oleh.

Pada masa kejayaan pasar bengkel hampir ratusan usaha ada disini, kemudian tergerus dengan adanya jalan tol dan saat ini tersisa lebih kurang 30 usaha.

Dalam menyikapi masalah minimnya konsumen serta tidak ada lagi mobil singgah di pasar bengkel, semua pengusaha dodol dan pengrajin lainnya atau pengusaha harus merubah cara pikir mengembangkan usaha dengan mengikuti perkembangan zaman dengan membuat terobosan, diantaranya Rita Dodol Sejahtera bekerjasama dengan pasar retail modren seperti Indomart. Rita membuka reseler reseler serta jaringan bisnis online. Rita juga pernah mengirim dodol ke Arab Saudi.

Ketika ditanya kios atau toko di rest area jalan tol Rita menjawab terlalu mahal sehingga tidak mampu menyewa. Rita berharap kepada Pemkab Serdang Berdagai  dapat memberi bantuan bagaimana menghidupkan kembali Pusat Kuliner Pasar Bengkel atau terobosan yang bisa menghidupkan usaha kuliner.

____

 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018