Rabu, 22 Mei 2019


Mimba Si Pahit dengan Segudang Manfaat

12 Mar 2019, 14:44 WIBEditor : Yul

Mimba tanaman yang banyak manfaat.

TABLOIDSINARTANI.COM, JAKARTA -- Tanaman mimba sendiri merupakan tanaman perkebunan. Dengan tinggi dapat mencapai hingga 25 meter, tanaman ini mampu bertahan di musim kemarau dan hujan. berdasarkan keterangan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan (Puslitbun), ciri-ciri tanaman mimba adalah berbatang tegak, berkayu, daun majemuk, dan bijinya bulat berwarna putih.

Untuk membudidayakan tanaman mimba ini cukup mudah. Bibit yang digunakan dapat melalui generatif (biji) maupun vegetatif (cangkok, stek). Untuk yang menggunakan biji, sebaiknya dari buah yang sudah matang. Kemudian dicuci dan disemaikan dalam polybag.

Setelah berumur 3-4 bulan (tinggi 60-150 cm), dapat dipindahkan ke tanah lapang. Untuk yang menggunakan cara vegetatif, diambil dari tanaman induk yang sehat. Diambil cabang/ranting muda (berkayu) dengan ukuran 20-30 cm serta memiliki 3-4 mata tunas.

Ketika akan menanamnya ke tanah lapang, sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan agar tidak terjadi kekeringan. Sehingga kedepannya dapat tumbuh dengan baik. Untuk yang ingin menanam lebih dari satu pohon, sebaiknya diberi jarak 2-5 meter agar nanti ranting pohonnya tidak saling beradu.

Pemeliharaannya cukup mudah karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Ditanam di tanah yang subur, tanaman mimba dapat tumbuh dengan subur. Kita hanya cukup membersihkan rumput yang ada di sekitarnya. Pemberian pupuk pun kalau dirasa perlu, tetapi biasanya jarang sekali diberi pupuk karena tumbuh baik dengan sendirinya. Ketika berumur 3-4 tahun, tanaman mulai berproduksi. Biasanya buah yang matang akan jatuh ke tanah. ini terjadi pada Bulan Januari atau Februari.

Ketika sudah berumur 8-10 tahun, mampu menghasilkan biji sekitar 9 kg, sedang yang berumur 15-20 tahun menghasilkan 13 kg biji dan tanaman yang berumur di atas 20 tahun menghasilkan 19 kg biji.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018