Monday, 06 December 2021


Manfaat dan Kegunaan

12 Mar 2019, 14:44 WIBEditor : Yul

Mimba tanaman yang banyak manfaat.

Berdasarkan keterangan dari Brigade Proteksi Tanaman Situbondo (BPT Situbondo), Jawa Timur, tanaman mimba dapat dijadikan pengobatan (obat tradisional), pestisida nabati, pupuk organik dan penghijauan lingkungan. Sebagai obat, tanaman mimba dipercaya berkhasiat dapat menanggulangi penyakit: tumor, kanker, diabetes, kolestrol, asam urat, darah tinggi, asma dan masih banyak lainnya. Biasanya yang digunakan adalah biji dan daunnya. Bahkan sekarang produsen obat herbal membuatnya diolah dalam bentuk kapsul. Kita tinggal meminumnya sesuai dosis.

Sebagai pestisida nabati memang yang paling umum didengar kegunaannya. Bagian yang dimanfaatkan sebagai pestisida nabati adalah biji dan daun mimba yang dijadikan ekstrak.

Keterangan dari Balai Penelitian Aneka Tanaman Kacang dan Umbi (Balitkabi), untuk membuat ekstrak biji mimba pertama yang dilakukan adalah keringkan biji mimba beserta kulitnya sampai kering. Giling biji dan kulit biji mimba sampai halus, kemudian saring dengan ayakan. Timbang 25-50 gram serbuk biji mimba ditambah 1 liter air dan 1 ml alkohol aduk rata, kemudian rendam semalam (12 jam).

Keesokan harinya rendaman bahan disaring dengan kain furing. Larutan hasil penyaringan kemudian ditambah dengan 1 gram deterjen. Aduk rata dan larutan siap disemprotkan.

Untuk pestisida nabati dari daun mimba caranya adalah blender 50 gram daun mimba segar dengan 1 liter air ditambah 1 ml alkohol aduk rata, kemudian rendam semalam (12 jam). Keesokan harinya rendaman bahan disaring dengan kain furing. Larutan hasil penyaringan kemudian ditambah dengan 1 gram deterjen. Aduk rata dan larutan siap disemprotkan.

Tidak hanya digunakan sebagai pestisida nabati, biji dan daun mimba dapat digunakan sebagai bahan kompos pupuk organik. Jadi fungsinya ganda: pestisida nabati dan pupuk organik.

Apabila tertarik untuk menanam mimba, dapat menghubungi BPT Situbondo via e-mail ke bpt_situbondo@yahoo.co.id. Dengan demikian, anda dapat melakukan budidaya tanaman mimba dengan baik dan benar. Bahkan dapat dijadikan peluang bisnis kedepannya.

Reporter : Clara
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018