Senin, 22 April 2024


Ungkit Produksi Cabai-Bawang Merah, Perbaiki Dulu Kesuburan Tanah

18 Mar 2024, 13:59 WIBEditor : Yulianto

Petani cabai di Gowa | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Iklim yang makin sulit ditebak menjadi tantangan budidaya cabai dan bawang. Perubahan iklim tersebut menyebabkan peningkatan serangan hama dan penyakit. Belum lagi, kondisi lahan pertanian banyak yang sakit, sehingga jika tidak disehatkan kembali akan berimbas pada produksi.

Direktur CV Bima Agung Sejahtera, Wibawa Handaka saat webinar bertema Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bawang dan Cabai Jelang Lebaran, Kamis (14/3) mengatakan, penyebab tingginya harga cabai dan bawang merah karena musim kemarau yang cukup panjang selama tahun 2023, sehingga banyak petani yang gagal panen.

Kondisi lahan pertanian juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam upaya pemerintah mempertahankan produksi dua komoditas strategis tersebut. Saat ini banyak lahan pertanian yang sakit dan tidak subur. Penyebabnya, karena penurunan kualitas lahan karena penurunan C organic dan lapisan tanah subur juga menghilang. ”Pemupukan tidak berimbang sehingga berdampak pada penurunan efisiensi pemupukan,” katanya.

Bagaimana mengembalikan kesuburan tanah? Sebagai perusahaan sarana produksi pertanina, pihaknya telah memperkenalkan Pupuk Organik Cair (POC) Nutrizim yang bermanfaat memperbaiki kesuburan fisik dan kimia tanah karena memacu aktivitas mikroorganisme tanah.

Pupuk ini dapat menghancurkan residu atau sisa pupuk kimia dalam tanah, mempercepat pertumbuhan generative tanaman dan mengurangi kerontokan bunga dan buah. Selain itu, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit dan merangsang pertumbuhan akar di lahan. ”Kelebihan lain tidak ada efek samping yang merugikan tanaman dan lingkungan, sehingga hasil tanaman aman bagi Kesehatan,” ujarnya.

Produk Nutrizim lainnya pupuk hayati dengan kandungan mikroba yang dibutuhkan tanaman. Manfaatnya, meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, mempercepat pemulihan kesuburan tanah, sesuai untuk semua jenis tanah dan tanaman, ramah lingkungan, dan mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

Berikutnya, produk pupuk organik remah padat yang bermanfaat menyediakan nutrisi makro dan mikro lengkap, senyawa organic kompleks, serta mikroorganisme menguntungkan.  Dalam jangka panjang dapat memperbaiki kesuburan fisik tanah dan menghemat pemakaian pupuk anorganik. Pupuk ini akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan agensia hayati.

“Semua produk-produk tersebut sudah kami lakukan uji efektivitas. Murni 100% organic, bisa dilihat di Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 98,2%, hanya bahan baku botol yang kita impor. Selebihnya menggunakan produk lokal,” katanya

Reporter : Indri
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018