Thursday, 23 September 2021


Bertani itu Keren, Jaring Milenial melalui Opening Day SMKN SPP Tasikmalaya

14 Sep 2021, 20:58 WIBEditor : Gesha

Nazarudin, Manajer YESS PPIU Jabar meninjau hasil Pertanian SMK SPP Tasikmalaya | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Tasikmalaya -- Semangat regenerasi terus dilakukan Kementerian Pertanian melalui dunia pendidikan. Kali ini untuk menjaring milenial dan membuka wawasan "Bertani itu Keren", SMK SPP Tasikmalaya menghelat Opening Day, Kamis (02/09). 

"Program ini merupakan suatu langkah yang positif dan energik. Kita tahu hari ini ada kesadaran dari pemerintah bahwa kegiatan ekonomi itu kembali fokus ke bidang pertanian. Kita punya keunggulan yang luar biasa selain lahan yang luas untuk bidang pertanian, juga tingkat kesuburan yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain, " ungkap Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang juga merupakan alumni SPMA/SMKN SPP Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayyubi saat Opening Day SMKN SPP Tasikmalaya. 

Bertempat di Aula SMKN SPP Tasikmalaya Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Asep hadir bersama Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Detia Tri Yunandar dan Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Tasikmalaya, Heri Sogiri. 

“Ada asumsi ditengah masyarakat bahwa pertanian bukan pilihan untuk menjadi kesejahteraan, padahal di negara maju menghargai petani. Petani dijadikan sebagai duta-duta atau pahlawan terhadap kemakmuran negaranya, ” tambah Asep.

Menurut Asep, Kabupaten Tasikmalaya memiliki lahan pertanian yang luas, namun geliatnya belum terasa. Bahkan mayoritas petani adalah buruh tani. Asep menginginkan milenial Tasikmalaya untuk mulai bergerak membangun Pertanian di desanya dengan lebih modern. 

Karena itu, kehadiran Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS) yang dibangun Kementerian Pertanian bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) diharapkan mampu merealisasikan wajah baru Pertanian di Tasikmalaya melalui milenial pedesaan. 

Seperti diketahui, Kabupaten Tasikmalaya menjadi sasaran YESS Program di Provinsi Jawa Barat bersama Subang, Cianjur dan Sukabumi dengan Provincial Project Implementation Unit (PPIU) untuk Provinsi Jawa Barat dipegang oleh Polbangtan Bogor. 

Opening Day SMK SPP Tasikmalaya ini juga menjadi bagian merealisasikan YESS Program dalam menjaring milenial Pertanian Tasikmalaya dan membuka wawasan "Bertani itu Keren".

Seperti motivasi dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang terus menggelorakan semangat bagi milenial. "Petani itu keren, menjadi petani merupakan kebanggaan! Jangan lagi berpikir bahwa petani di Indonesia itu konvensional, petani saat ini harus cerdas,mandiri, berorientasi maju dan modern. Petani saat ini harus mampu menjawab tantangan di era digitalisasi global," tuturnya.

Hal senada disampaikan Kepala Badan penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. Menurutnya, pembangunan SDM pertanian merupakan hal pertama dan utama yang harus terus digenjot agar kualitas pembangunan pertanian nasional juga semakin meningkat.

Reporter : Ardianinda Wisda
Sumber : Polbangtan Bogor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018