Jumat, 23 Februari 2024


Kolaborasi Kementan-Agincourt Resources, Pelatihan Inovatif untuk Petani Milenial

29 Nov 2023, 08:48 WIBEditor : Gesha

Pelatihan Non Teknis kolaborasi Kementan dengan Agincourt Resources (PT. AR), | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jambi -- Bergerak menuju transformasi pertanian, Kementerian Pertanian berkolaborasi dengan Agincourt Resources untuk menghadirkan pelatihan inovatif untuk membuka peluang baru bagi petani milenial.

Agincourt Resources (PT. AR), perusahaan yang beroperasi di Desa Aek Pinang, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, selalu berupaya memberikan solusi kepada petani di sekitarnya.

Langkah-langkah strategis diambil untuk mendukung petani dalam mengelola lahan pertanian dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia pertanian di masa depan.

Contohnya, PT. Agincourt Resources menggelar pelatihan non-teknis bagi petani milenial di Syakirah The View and Resto, Kecamatan Aeksabahon, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, 23-29 November 2023.

Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian, Bapeltan Jambi. Tujuan pelatihan adalah meningkatkan kompetensi petani milenial, terutama dalam hal legalitas, perizinan, dan manajemen usaha pertanian.

Dalam kegiatan pembukaan pelatihan, dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan, PT. Agincourt Resources, dan Bapeltan Jambi.

Yenny Lubis dari Dinas Pertanian menyampaikan pesan tentang pentingnya keluar dari zona nyaman dalam usaha tani, sementara perwakilan PT. Agincourt Resources mendorong peserta untuk mengambil pelatihan dengan serius.

Nugroho Setyowibowo, Wakil Bapeltan Jambi, mengucapkan terima kasih dan berharap agar petani milenial membentuk wadah legal untuk kemitraan yang lebih luas.

Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), menegaskan peran BPPSDMP dalam mengembangkan SDM pertanian melalui penyuluhan, pelatihan, dan pendidikan, yang harus berjalan seiring dan seimbang untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM pertanian.

Reporter : Bapeltan Jambi
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018