Tuesday, 03 August 2021


Anthurium Papillilaminum Mengapa Mahal? Ini Penyebabnya

11 Jul 2021, 18:03 WIBEditor : Yulianto

Danu dengan Anthurium hybrid | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Harga tanaman hias kadang tak masuk akal bisa mencapai jutaan rupiah. Salah satunya Anthurium papillilaminum hybrid. Mengapa bisa mahal?

Sejak tahun 2020 hingga memasuki Mei 2021, tanaman hias ini bisa dibandrol dengan harga Rp 11 juta keatas. Untuk yang ukuran daun masih kecil (anakan) saja sudah ditawarkan dengan harga Rp 1,5 juta.

Meski harganya cukup mahal, tetap saja banyak yang mencari tanaman ini. Anthurium papillilanium termasuk spesiesnya tanaman kuping gajah. Tanaman ini memang banyak diburu kolektor. Bahkan sejumlah pecinta tanaman hias memburunya karena menaruh rasa penasaran terhadap tanaman ini.

Adalah Danu, lelaki perawakan kurus berusia 24 tahun dari florish Questa Aroid Plant yang ada di Komplek Taman Anggrek Ragunan (TAR) mengungungkap mengapa harga Anthurium papillilaminum hybrid mahal? “Anthurium papillilaminum hybrid mahal karena susah untuk mengembangbiakannya,” ujarnya.

Karena mahal menurut Danu, menyebabkan tidak banyak orang yang dapat mengembangkan. Selain itu,  Anthurium papillilaminum juga sangat rentan. “Kalau media tanamnya tidak cocok, belum tentu tambah daun, yang terjadi bisa juga gosong atau busuk. Jenis hyibrid susah-susah gampang untuk kembangkannya,” katanya.

Danu mengungkapkan, cara merawat Anthurium ini sama seperti Waroquanum (lidah gajah). Syaratnya tidak terlalu panas dan terlalu basah. Jadi media tanamnya lembab saja. “Satu hari sekali saja disiram,” sarannya.

Danu mengatakan, saat pandemi seperti saat ini memang permintaan tanaman hias meningkat. Di florishnya, tanaman yang paling murah jenis caladium Rp 25 ribu/pohon. Sedangkan yang termahal adalah janda bolong sampai Rp 50 juta yang ukurannya besar.

Di Florish ini Questa Aroid Plant setidaknya ada 500 jenis tanaman. Selain Anthurium hybrid yang cukup mahal, tanaman hias lainnya yang lumayan menguras kantung adalah jenis Pillodendron, perdaun saja bisa mencapai Rp 4,5 juta.

Beberapa jenis Philodendron yakni Philodendron anderson variegata, Philodendron pink princess, white knight, white wizard. Tanaman lain yang cukup mahal juga adalag monstera dubi dan monstera elsavador. “Sekarang tinggal cara kembali menghargai,” katanya.

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018