Sunday, 24 October 2021


Partihaman Coffee, Wisata Kuliner Pinggir Sawah di Padang Sidimpuan

12 Jul 2021, 15:14 WIBEditor : Yulianto

Partihaman Saroha, warung kopi pinggir sawah di Padang Sidimpuan | Sumber Foto:Gultom

TABLOIDSINARTANI.COM, Padang Sidimpuan---Jika Anda sedang berkunjung atau berwisata ke Sumatera Utara, cobalah mampir ke Kota Padang Sidimpuan. Di kota tersebut terdapat wisata kuliner pinggir sawah yang menunya boleh dicoba. 

Lokasinya berada di Desa Partihaman Saroha, Kecamatan Padang Sidimpuan Hutaimbaru, Kota Madya Padang Sidimpuan. Namanya warung kopi Partihaman .

Usaha tersebut dirintis Armansyah Harahap sejak 2 tahun yang lalu dengan modal seadanya di tanah sawah warisan keluarga. Warung yang cukup sederhana tersebut menjual panganan pecal ulek, soto dan  kue pulut panggalong yang dibalur gula merah.

“Kue tersebut diolah tanpa menggunakan bahan kimia. Bahan bakunya dibeli dari masyarakat sekitar yang mengantarkan langsun ke warung,” kata Armansyah seraya menambahkan, harga panganan ini serba Rp 5.000/porsi.

Selain, usaha coffe ini juga membuat keripik ubi sambal tiga rasa ada manis, sambal dan ketumbar yang juga tanpa menggunakan bahan pengawet. Harganya juga Rp 5000/bungkus.

“Pengunjung yang datang dari kalangan PNS kantor walikota. Bahkan  walikota sudah tiga kali menikmari soto dan pecal ulek ,” ujar Armansyah.

Setiap hari lebih kurang 300 orang berkunjung ke warung Kopi Partihaman Saroha. Jika  libur, Sabtu-Minggu, pengunjung akan lebih banyak lagi.

Saat berkunjung ke warung tersebut,  Kontributor Tabloid Sinar Tani bertemu dengan penikmat kuliner lain yakni, Fitri Manullang, Megawati Simatupang dan teman lainnya.

Mereka mengakui, masakah desa di Warung Kopi Prtihaman Saroha murah dan nikmat cita rasanya. “Saya tidak terasa menikmati 2 porsi soto desa dan pecal ulek,” ujar Fitri.

Sementara Megawati mengtaakan, kue pulut panggalong  yang merupakan kearifan lokal dengan gula merahnya sangat enak. “Saya membawa 20 orang dari Kota Madya Medan  karena saran dan rekomendasi temannya yang bertugas di RSUD Padang Sidimpuan,” katanya.

Selain membuka warung kopi, Armansyah adalah bendahara Kelompok Tani Saroha. Satu harapannya kepada pemerintah adalah agar membina UMKM yang mengembangkan produk pangan berbahan baku lokal. “Sarana dan prasaran daerah wisata juga agar mendapat perhatian,” ujarnya.

Reporter : RE. Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018