Sabtu, 22 Juni 2024


Hortimart Agro Center, Surganya Para Penghobi Tanaman Buah

01 Des 2023, 11:34 WIBEditor : Herman

Hortimart Agro Center Di Kabupaten Semarang | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Semarang --- Bagi penyuka tanaman, berada diantara pepohonan yang tumbuh subur dan ditanam secara teratur, merupakan kesenangan tersendiri. Apalagi, jika tanaman terebut sedang digelayuti bunga atau buah, seakan tak ada puasnya mata memandang. Hal tersebut bisa Anda dapatkan bila berkunjung ke Hortimart Agro Center. Seperti apa agrowisata yang berada di Kabupaten Semarang ini?

Terletak di tepi jalan raya Soekarno - Hatta, Gembol, Bawen, Kecamatan. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Hortimart dirintis oleh Ir. Budi Darmawan, seorang pengusaha perkebunan dan pertanian. Pertama kali didirikan  pada tahun 1970, Hortimart hanya memproduksi bibit tanaman aneka buah dan cengkeh.

Saat ini luas kebun Hortimart mencapai lebih dari 25 hektar,   kurang lebih 90% lahannya ditanami aneka buah - buahan dan sisanya ± 10 % ditanami aneka sayuran organik.

Hortimart Agro Center terdiri dari 15 wilayah tanaman atau biasa disebut hanca. Luas setiap wilayah tanaman (hanca) tidak sama tergantung kondisi permukaan tanah. Masing-masing hanca terdiri dari satu atau beberapa jenis tanaman.

Tanaman tersebut terdiri dari buah unggul dan sayuran organik. Varietas tanaman yang menjadi produk unggulan adalah durian musangking, jeruk siam madu, melon kinanti, dan sayuran organik

Untuk menjaga agar kondisi kebun tetap hijau meski sedang musim kemarau, dibuatlah tiga buah embung raksasa di sudut-sudut kebun sebagai penampung air hujan. Air dari embung tersebut nantinya akan mengairi tanaman yang tumbuh di kebun Hortimart saat musim kemarau.

Air dari embung didistribusikan langsung ke setiap tanaman dengan menggunakan sistem tetes.

Menurut public relation Hortimart, Ayu Nana Adlilna, ada beberapa  divisi yang dioperasionalkan : yaitu divisi agro estate, agro mart, agro resto, agro supply dan agro tour.

Agro Estate merupakan kebun produksi yang terdiri dari berbagai macam tanaman buah dan sayur.  Terdapat 3 jenis tanaman di Agro Estate,    yaitu tanaman keras, tanaman semusim dan tanaman multimusim.

Tanaman keras mendominasi kebun, yang menjadi andalan adalah durian, jeruk siem dan lengkeng.

Bermacam varitas durian unggul ditanam, baik yang dari luar negeri : misalnya Musangking, Montong, juga durian unggul lokal : misalnya Bimo, Janoko, Petruk.

Varitas jeruk siem yang ditanam adalah Jeruk Siem Madu asal Sumowono, ada Nangka madu, jeruk bali madu, Lengkeng 4 varitas, Sirkaya Atemaya dan Green Anona asal Australia, Jambu biji merah, Belimbing madu, kelapa Pandanwangi, sedang tanaman mangga ada 14 varitas yang ditanam.

Tanaman semusim berupa buah melon yang ditanam pada screen house, varitas andalan adalah varitas : Kirani.

Sedangkan tanaman multi musim berupa tanaman papaya dan pisang.

Semua jenis buah-buahan tersebut ditanam dengan rapi dihanca-hanca, dibatasi jalan-jalan kebun yang lebar. Dengan menggunakan mobil kelinci fasilitas dari Agro Tour, pengunjung dapat berkeliling kebun.

Agro Tour merupakan sarana agrowisata yang memungkinkan pengunjung untuk dapat menikmati kawasan perkebunan dengan menaiki mobil wisata yang telah disediakan. Agrowisata yang ditawarkan meliputi agrowisata keliling kebun, agrowisata petik buah dan sayur serta agrowisata edukasi anak. 

Setelah puas berkeliling disini juga menyediakan tempat pemasaran hasil panen dari perkebunan Hortimart Agro Center. Produk-produk yang dipasarkan diantaranya yaitu buah lokal premium, sayuran organik yang segar serta aneka olahan makanan dan minuman untuk oleh-oleh.

Di Hortimart ini juga ada resto yang merupakan tempat yang menyediakan makanan dan minuman nusantara bahan baku yang segar.

Resto di sini ada dua, yang ada di area kebun Hortimart bernama Green Resto, di mana kamu harus menggunakan mobil oranye atau kendaraan pribadi untuk tiba di sana. Yang lain, bernama Agro Resto dan terletak persis di samping Agro Store. Baik Green Resto maupun Agro Resto, keduanya sama-sama didominasi menu vegetarian.

Bagi yang berniat studi tour mereka sudah menyediakan berbagai paket yang dapt dipilih sesuai tujuan dan budget yang tersedia.

Reporter : Djoko W
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018