Jumat, 02 Desember 2022


Sehat Alami dengan Jahe

09 Mei 2022, 14:29 WIBEditor : Gesha

Jahe | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Jahe terkenal sebagai tanaman obat dengan kandungan yang baik untuk tubuh. Jahe juga sudah dikenal sebagai rempah yang punya banyak khasiat oleh masyarakat sejak zaman dulu. Tidak heran jahe menjadi salah satu tanaman herbal yang paling banyak dijadikan obat tradisional.

Manfaat jahe yang pertama adalah sebagai pereda nyeri. Hal ini didapatkan dari kandungan Gingerol dan Fenol yang merupakan senyawa kimia bersifat antinyeri dan dapat meredakan rasa sakit. Kedua senyawa tersebut berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Manfaat jahe juga dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi rematik dan osteoarthritis. Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh.

Banyak penelitian yang menyebutkan jahe mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Orang- orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat men- cegah komplikasi diabetes, seperti  retinopati, penyakit jantung, dan stroke.  Peneliti melaporkan bahwa manfaat jahe ini akan terasa lebih menguntungkan ketika dicampur dengan bubuk kayu manis.

Minuman jahe memang dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Meski demikian, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah konsumsi air rebusan jahe yang aman. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman jahe justru dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018