Tuesday, 03 August 2021


Menggali Hobi Saat Pandemi

21 Jul 2021, 09:22 WIBEditor : Gesha

Menggali hobi saat pandemi salah satunya dengan fotografi | Sumber Foto:Istimewa

Oleh : Memed Gunawan

Pemimpin Umum TABLOID SINARTANI

Melewati hari-hari selama pandemi Covid-19 yang semakin merajalela memang tidak mudah bagi siapa pun. Pembuat kebijakan, pengusaha, pekerja yang rezekinya harian maupun pensiunan semuanya merasakan dampaknya dengan kadar yang berbeda. Akhirnya dicari semua cara agar waktu diisi dengan kegiatan produktif, membuat fisik bugar dan mental terjaga agar imunitas meningkat. Karena diterapkan PPKN, semua kegiatan dilakukan di dalam atau sekitar halaman rumah. Syaratnya, semua kegiatan  harus bisa dilakukan sendiri karena ancaman virus yang dibawa pendatang selalu diperhitungkan. Maka berkebun mulai dari yang konvensional sampai dengan cara baru seperti hidroponik mulai dicoba. Sedangkan peralatan hobi seperti fotografi mulai ditangani lagi dengan serius.

Fotografi adalah hobi yang sehat. Mengambar dengan cahaya itu tidak  mudah. Tidak mudah melakukannya dan belum tentu juga mudah untuk menikmatinya. Nilai keindahan hasil fotografi itu berbeda antar individual, walaupun ada kriteria umum yang disepakati dalam menilainya.

Sekelompok juri pasti memberikan penilaian yang berbeda. Selain masalah teknis, yang banyak ditentukan oleh kualitas kamera dan kondisi pemotretan, ada masalah momen dan kemampuan foto berbicara tentang dirinya. Tapi untuk mengisi waktu selama pandemi, lupakan semua itu.

Pakai patokan yang paling kuno, kameraku adalah yang paling bagus dan hasil fotoku dapat kunikmati dan yakin lain kali akan semakin bagus. Toh bisa belajar dengan membaca dan melihat hasil pekerjaan orang lain yang sudah terkenal.

Selama ini manual kamera saja belum dibaca, dan fungsi tiap titik kamera yang selama ini dipakai belum sepenuhnya dimengerti. Maka selama pandemi, pekerjaan baru adalah membaca manual, mengutak-atik kamera, membongkar file lama, belajar mengedit dan mengambil foto di sekeliling rumah hampir setiap hari. Baru tahu, rupanya tombol-tombol ini ada gunanya. Dan penting.

Nah ini fotonya.  Jangan bosan ambil foto setiap hari. Tentang apa pun.

 

Reporter : Memed
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018