Saturday, 15 August 2020


Mau Tanam Apa?, Manfaatkan Layanan Online Ini

30 Jul 2020, 15:45 WIB

Layanan peta kesesuaian lahan online di BBSDLP Kementan | Sumber Foto:Ahmad Soim

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor –  Punya lahan pertanian tapi masih bingung mau menanam komoditi apa? Atau sudah menanam komoditi tertentu tapi hasil produktivitasnya tidak maksimal. Manfaatkan layanan online Paket RPL.

Para peneliti di Balai Besar Penelitian Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) Balitbang Pertanian yang saat ini di bawah pimpinan Dr Husnain, siap melayani dan memberikan solusi terhadap pertanyaan-pertanyaan terkait kesesuaian lahan, pemupukan, pengairan, pemetaan lahan dan tanah, penggunaan lahan, lahan sawah, lahan gambut, dan aspek lainnya terkait sumberdaya lahan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Badan Litbang Pertanian Fadjri Jufri mengatakan  layanan peta perkembangan tanaman pertanian dan kesesuaian lahan merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menjadikan pertanian yang maju, mandiri dan modern. Salah satunya dengan layanan update kondisi perkembangan tanaman di lapangan dan pelayanan kesesuaian lahan  online. 

Manajer Layanan Data yang juga Kasi Kerjasama Penelitian BBSDLP Saefoel Bachri, S.Kom M, MSi saat ditemui tabloidsinartani.com di ruang kerjanya mengatakan salah satu layanan yang diberikan adalah Paket RPL (Rekomendasi Pengelolaan Lahan). Lengkapnya adalah Layanan Rekomendasi Pengelolaan Lahan untuk Pengembangan dan Peningkatan Produksi Komoditas Pertanian Strategis Berbasis Agroekosistem dan Kesesuaian Lahan. 

Layanan ini mencakup seluruh wilayah Indonesia, dengan tingkat skala 1:50.000 dan dapat memberi rekomendasi sampai pada tingkat kecamatan. Peta tersebut disusun berdasarkan peta kesesuaian lahan yang diolah dan disinkronisasikan dari peta tanah, rekomendasi pupuk, varietas dan lainnya.

Saefoel Bachri menjelaskan  instansinya menghasilkan banyak produk mulai peta berbagai tema, aneka pupuk, aneka dekomposer dan lainnya.  Untuk mendapatkan peta-peta tersebut, BBSDLP menyediakan layanan online pada alamat http://lokapeta.litbang.pertanian.go.id. “Di website peta tersebut para pelanggan bisa melakukan pemesanan peta secara online,” tambahnya kepada Tabloid Sinar Tani.

Tabloid Sinar Tani berkesempatan untuk melihat Paket RPL Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Dalam Paket RPL tersebut antara lain penjelasan paket RPL, penjelasan peta digital, Agroekosistem,  Paket RPL Bogor sampai tingkat Kecamatan, rekomendasi komoditas/varietas, rekomendasi pemupukan, Teknik budidaya, faktor pembatas, musim dan lain lain. 

BBPSDLP juga memiliki Atlas Zona Agro Ekologi Indonesia skala 1:250.000. Peta ini adalah hasil integrasi antara data dan informasi sumberdaya lahan dengan persyaratan tumbuh tanaman. Setiap tanaman memerlukan kondisi lingkungan yang spesifik untuk tumbuh baik dan berpoduksi tinggi. 

Peta AEZ skala 1:250.000 ini menyajikan wilayah yang potensial untuk pengembangan pertanian serta alternatif komoditas pertaniannya. Atlas Zona Agro Ekologi ini merupakan hasil perpaduan dan pemutakhiran (update) dari peta-peta yang pernah dibuat oleh BPTP seluruh Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian lanjutnya pada tahun 2016-2018 telah melaksanakan kegiatan penyusunan Peta Zona Agro Ekologi (ZAE) Peta Tanah Semi Detail skala 1:50.000 di 511 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Informasi dari peta sumberdaya laiahn ini dapat dimanfaatkan sebagai data dasar untuk perencanaan operasional pengembangan pertanian pada tingkat kabupaten melalui pembuatan peta tematik turunannya sesuai kebutuhan. 

Selain itu, peta tersebut dapat digunakan sebagai screening awal untuk pemilihan areal-areal potensial yang dapat dikembangkan lebih lanjut pada skala pemetaan yang lebih detail untuk mendukung perencanaan pengembangan pertanian di tingkat kecamatan.

 

 

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018