Wednesday, 01 December 2021


Petani Florikultura Gorontalo Dilatih Bimtek Pengelolaan Tanaman Hias

11 Nov 2021, 09:09 WIBEditor : Gesha

Bimtek Florikultura di Gorontalo | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Gorontalo -- Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Penelitian Tanaman Hias bertandang ke Provinsi Gorontalo untuk menggelar kegiatan Bimbingan Teknis untuk petani Florikultura disana. 

"Kami memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan dan pengelolaan tanaman hias daun lokal dan khas Gorontalo melalui program-program strategis Kementerian Pertanian," ungkap Kepala Pusat Litbang Hortikultura Muhammad Taufiq Ratule. 

Bahkan, untuk menjaga kelestarian Sumber Daya Genetik tersebut melalui salah satu UPT yaitu Balithi dapat mendukung secara kultur jaringan, sehingga SDG asli atau endemik dapat lestari dan dikembangkan secara masif di Indonesia.

Bekerjasama dengan BPTP Gorontalo, kegiatan diselenggarakan di Aula Momala BPTP Gorontalo dengan mengundang 100 peserta dari kalangan petani, KWT, serta para penggiat tanaman hias Gorontalo.

Acara dihadiri oleh Bupati Gorontalo Utara H. Indra Yasin, Kapus Litbang Hortikultura Muhammad Taufiq Ratule, Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mommy Igirisa, Kepala Balithi Muhammad Thamrin, dan Kepala BPTP Gorontalo, Amin Nur.

Dalam acara bimbingan teknis beberapa narasumber dari kalangan peneliti, akademisi, dinas , dan pelaku usaha dihadirkan untuk memberikan input dalam pengelolaan tanaman hias daun dari hulu hingga hilir, yang tentunya diharapkan menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para petani tanaman hias maupun para penggiat tanaman hias serta mengangkat pamor dari Sumber Daya Genetik tanaman hias daun endemik Gorontalo

Melalui acara tersebut juga Kapus Litbang Hortikultura dan Kepala Balithi menyerahkan benih sumber Anggrek Dendrobium kepada Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dan Pemkab Gorontalo Utara untuk dapat dikembangkan oleh petani, sehingga menjadi modal awal untuk membangun industri tanaman hias di Gorontalo.

Pameran Tanaman Hias

Berbeda dengan beberapa acara sebelumnya, kali ini kegiatan bimbingan teknis dibarengi dengan pameran tanaman hias daun lokal dan beberapa jenis tanaman hias lain oleh para pelaku usaha dan penggiat tanaman hias Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut tentunya disambut baik oleh Pemprov Gorontalo dan Pemkab Gorontalo Utara yang disampaikan melalui Bupati Gorontalo Utara bahwa kegiatan tersebut dapat digunakan untuk mendorong minat masyarakat mengembangkan tanaman hias daun khas Gorontalo, sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Indra Yasin juga menyampaikan bahwa akan mendukung pengembangan tanaman hias gorontalo dengan ekspose tanaman hias tahunan dan percontohan tanaman hias di beberapa lokasi melalui pendampingan dari Kementerian Pertanian khususnya Puslitbang Hortikultura.

Reporter : Ardian dan Ronal
Sumber : Puslitbang Hortikultura
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018