Senin, 15 Juli 2024


Mentan Amran Prediksi Panen Raya April 2024 Melejit

11 Jan 2024, 10:19 WIBEditor : Gesha

Mentan Amran yakin produksi beras saat panen raya April 2024 akan melimpah karena luas penanaman akhir tahun cukup besar | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman yakin produksi beras saat panen raya April 2024 akan melimpah karena luas penanaman akhir tahun cukup besar.

"Kita melakukan percepatan tanam. Kemarin itu, Desember, alhamdulillah, dapat 1,5 juta hektare. Itu sudah di atas standar, artinya panen di April itu aman," kata Amran.

Amran memperkirakan produksi beras dari penanaman Desember 2023 bisa mencapai 3,5 juta ton, sementara kebutuhan beras nasional setiap bulannya adalah 2,5 juta ton.

"3,5 juta (ton), kebutuhan per bulan kan 2,5 juta ton. Amanlah," ujarnya.

Amran menargetkan penanaman seluas 1,7 juta hektare pada Januari ini, yang juga akan dilanjutkan pada Februari. 

Dia menekankan pentingnya tanaman minimal 1 juta hektare per bulan untuk memastikan ketahanan pangan tiga bulan ke depan, mengingat pengalaman dengan El Nino di mana tanaman di bawah 1 juta hektare per bulan menghadapi dampak serius.

“Intinya kita ingin aman pangan 3 bulan ke depan. Tidak boleh tanam di bawah 1 juta hektare per bulan. Dulu yang terjadi waktu El Nino, tanam itu hanya 500 ribu hektare, separuh saja yang berhasil. Pukulan El Nino banyak banget,” imbuh Amran.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018