Thursday, 17 June 2021


Pegelolaan Irigasi dari Petani untuk Petani Diterapkan di Serang

09 Jun 2021, 08:24 WIBEditor : Ahmad Soim

Farmer to farmer di kab Serang | Sumber Foto:Suroyo

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang – Model pengelolaan Farmer to Farmer diterapkan dalam pengelolaan sawah irigasi di Kabupaten Serang,  Model pengelolaan ni melibatkan partisipasi petani secara aktif dalam pelaksanaannya. Farmer to Farmer menerapkan rangkaian program dari Intergrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP).

Kegiatan IPDMIP diselenggarakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Pabuaran, Kabupaten Serang pada hari Senin, (7/6) di Daerah Irigasi Kaducayut tepatnya di saung kelompak tani anungrah Kampung Nagreg. Farmer to Farmer IPDMIP mengundang Kelompok Tani Anugrah, Citra Masa dan Sumber Mekas 2, serta kelompok tani Peserta sekolah lapang Daerah Irigasi Kaducayut  sebagai narasumber kegiatan.

Kegiatan dibuka oleh Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Serang H. Ir. Arif Moch Yasin MM yang didampingi oleh Kordinator Penyuluh BPP Pabuaran Arifullah,SP.

BACA JUGA:

 

Arif berharap program ini sebagai sarana difusi inovasi dari petani teladan ke petani lainnya. "Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran atau pertukaran informasi dari petani untuk petani, dalam hal ini petani yang sudah mengikuti Program Sekolah Lapang (SL) IPDMIP memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih dapat menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilannya pada petani-petani yang lainnya khususnya yang berada di lingkungan sekitarnya," ungkapnya.

Arif juga berharap petani yang sudah mengikuti kegiatan Farmer to Farmer agar menyampaikan dan menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilannya untuk membantu petani di wilayah IPDMIP lainnya sehingga dapat mengembangkan hasil usaha taninya. ”Saya juga berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya sebagai wadah pertukaran informasi, hal tersebut selaras dengan antisias para petani dalam mengikuti kegiatan Farmer to Farmer ini,” kata Arif.

____

 

 Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

 

Reporter : Suroyo
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018