Sabtu, 24 Februari 2024


Gandeng UPT Kementan, Agincourt Resources Perkuat Literasi Keuangan Petani Millenial

02 Des 2023, 15:03 WIBEditor : Herman

Pelatihan Literasi Keuangan Kepada Petani Milenial | Sumber Foto:Istimewa

Tapanuli Selatan --- Kembangkan pertanian di Kabupaten Tapanuli Selatan, PT. Agincourt Resources (PT.AR) melalui progam pemberdayaan masyarakat bekerjasama dengan salah satu UPT Kementerian Pertanian, Bapeltan Jambi mengadakan pelatihan non teknis bagi petani millenial.

Pencatatan keuangan usaha tani merupakan salah satu materi yang diberikan oleh PT. AR dan Bapeltan Jambi. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan rumah tangga dan keuangan usaha pertanian.

Menurut Widyaiswara Bapeltan Jambi, Hidayat yang didapuk sebagai narasumber materi pencatatan keuangan menyampaikan bahwa dalam ber-agribisnis pertanian penting untuk dilakukan pencatatan laporan keuangan usaha tani terutama bagi usaha yang mau di scale up.

Sementara itu, perwakilan PT. AR, Sandi menyampaikan agar peserta dalam pelatihan ini tetap memperhatikan konsep Plan, Do, Check, Action (PDCA)” dalam mengembangkan usaha bisnis.

Pada kesempatan yang sama, Riskon yang menjadi salah satu peserta pelatihan menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. AR dan Bapeltan Jambi karena telah difasilitasi mengikuti pelatihan ini sehingga dia bersama peserta lainnya menjadi paham dalam pengelolaan keuangan usaha tani.

Literasi keuangan merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat terkait dengan kesejahteraan individu maupun kelompok, sehingga mampu mengelola keuangan sebaik  baiknya sehingga secara administrasi bisa dipertanggungjawabkan tapi secara teknis betul-betul bisa berdampak di lapangan, bisa meningkatkan kesejahteraan bagi para petani

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa literasi keuangan merupakan hal penting untuk diketahui petani.

“Petani harus bisa mengelola keuangan, bagaimana caranya ada bankable sehingga bisa mendapatkan pinjaman seperti KUR. Kalau petani menguasai ini, kita yakin petani Indonesia akan mandiri,” kata beliau.

Reporter : Bapeltan Jambi
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018