Kamis, 18 Juli 2019


Kreatifnya SMKPP Negeri Tanjungsari Sumedang Mengolah Golden Berry

14 Mei 2019, 13:35 WIBEditor : GESHA

Dalam beberapa penelitian, buah maupun daun cecenet memiliki zat antioksidan yang berguna untuk mencegah penyakit kronis, zat anti inflamasinya dapat menjaga kesehatan jantung dan bisa dijadikan alternatif dalam pengobatan kanker payudara. | Sumber Foto:PRIBADI

Dalam beberapa penelitian, buah maupun daun cecenet memiliki zat antioksidan yang berguna untuk mencegah penyakit kronis, zat anti inflamasinya dapat menjaga kesehatan jantung dan bisa dijadikan alternatif dalam pengobatan kanker payudara.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor ---Siapa yang tidak mengenal golden berry (ciplukan) atau di Jawa Barat dikenal dengan nama Cecenet. Di luar negeri, golden berry ini dihargai dengan harga tinggi karena dianggap sebagai super food. Dan berkat kreativitas siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMKPP) Negeri Tanjungsari, golden berry ini dikemas dalam bentuk minuman segar.

Di tataran Sunda sendiri, golden berry atau yang lebih dikenal sebagai cecenet ini sudah jarang ditemui di pekarangan rumah. Biasanya hanya bisa ditemukan di hutan-hutan. Dan siswa-siswi SMKPP Negeri Tanjungsari ini merasa tertantang untuk bisa mengolah lebih lanjut dari buah cecenet tersebut.

“Ini kami tanam sendiri cecenetnya, terus kami olah saripatinya dengan digiling dan diperas. Kemudian dicampurkan dengan air gula untuk menjadi minuman segar,” tutur siswa SMKPP Negeri Tanjungsari Sumedang, Avif Iqbal Nur

Apalagi, khasiat yang terkandung dalam buah cecenet ini sangat banyak. “Insya Allah bisa mengobati kanker payudara jika diminum rutin. Untuk menambah stamina, meredakan panas dalam, sariawan,” tuturnya.

Dalam beberapa penelitian, buah maupun daun cecenet memiliki zat antioksidan yang berguna untuk mencegah penyakit kronis, zat anti inflamasinya dapat menjaga kesehatan jantung dan bisa dijadikan alternatif dalam pengobatan kanker payudara.

Buah cecenet juga memiliki kandungan asam oleat dan linoleat yang terbukti menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga wajib dikonsumsi bagi yang memiliki kolesterol tinggi.

Bagi yang ingin diet, manfaat daun dan buah cecenet ini juga cocok untuk dijadikan makanan diet sebab berkalori rendah, hanya 53 kalori dalam 100 gramnya. Ditambah dengan kandungan nutrisi dalam buah ini terbilang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Pemasarannya dilakukan sendiri oleh siswa siswi SMKPP Negeri Tanjungsari, dengan membentuk koperasi sekolah dan di lingkungan sekitar. “Kalau ada pameran seperti ini, kami juga ikut untuk promosi. Pemasaran Online juga sudah kami lakukan, paling lakunya memang buah cecenet segar dengan harga Rp 180 ribu per kilogramnya. Bisa sampai ke Bali,” tuturnya.

 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018