Friday, 16 April 2021


Tujuh Poktan di Nunukan Terima Bantuan Alsintan

26 Mar 2021, 15:51 WIBEditor : Ahmad Soim

Petani sedang mengolah lahan dengan traktor | Sumber Foto:Suparman

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Nunukan -- 7 kelompok tani (poktan) di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan  akan memperoleh bantuan berupa alat dan mesin pertanian (alsintan), masing-masing  1 unit kultivator,  3 peralatan pembuat pupuk organik cair, 2 unit hand traktor dan 1 unit pompa air.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP)  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara, Dwi Pramono, saat melakukan kunjungan kerja di Nunukan,  Kamis (25/3/2021).

“Kegiatan ini berasal dari APBD I Provinsi Kaltara,  berkat bantuan teman-teman PPL  di lapangan tadi kita sudah bertemu dan dengan 7 ketua poktan calon penerima bantuan hibah pemerintah,” ujarnya.

Ia menambahkan, tahun ini juga ada kegaiatan pembangunan jalan usaha tani  yang rencananya berlokasi di Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik.

Selain itu menurut Kabid PSP, Kecamatan Krayan Barat juga  rencananya  mendapat alokasi kegiatan berupa pembuatan irigasi dengan sistem pipanisasi yang bersumber dari APBN, letaknya di lokasi Lembudud dan Long Puak.

BACA JUGA:

“Kemaren kita juga melakukan kunjungan ke Desa Binusan Dalam (Bindal) Kecamatan Nunukan, di sana kita melihat tempat rencana usulan pembuatan embung pertanian, ada lebih 30 hektar hamparan sawah di sekitarnya yang selama ini air selalu menjadi masalah, saya sebagai tim verifikasi terkait dengan pembangunan yang bersumber dari APBN  ingin memastikan tempat pembuatan embung yang paling layak,” jelasnya.

Karena hanya ada dua lokasi untuk pembangunan embung sementara yang mengusulkan ada 4 kabupaten/kota, yakni Nunukan, Bulungan, Malinau dan Tarakan. “Nantinya tim verfikasi akan merekomendasikan kepada PPK dimana pembangunan embung akan dilaksanakan, sementar hasil koordinasi  dengan PPK pembangunan embung sangat memungkinkan untuk direalisasikan di Binusan,” katanya.

Secara terpisah  Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)  Kecamatan Nunukan Asry Aziz, sangat mengharapkan  Desa Binusan Dalam ditetapkan menjadi salah satu lokasi pembangunan embung, “Mengingat luasan hamparan sawah di sekitarnya sangat membutuhkan dan potensi keberadaan sumber air sangat baik tinggal pengelolaannya saja,” harapnya.

----

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Ibnu Abas
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018