Wednesday, 01 December 2021


Pertanian Keluarga Ungkit Pendapatan Petani Pandeglang  

31 Oct 2021, 21:37 WIBEditor : Yulianto

Plt Kepala BKP, Sarwo Edhy saat di Pandeglang dalam acara pengembangan pertanian keluarga | Sumber Foto:Dok. FB BKP

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Pandeglang---Pertanian keluarga menjadi salah satu upaya pemerintah membangun ketahanan pangan dan meningkatkan pendapatan keluarga. Terbukti di Kelompok Tani Marsudi di Kabupetan Pandeglang yang merasakan program tersebut.

Ketua Poktan Sri Tani Marsudi menjelaskan, program pertanian keluarga mampu peningkatan pendapatan. Jika sebelumnya sebelumnya petani hanya menanam padi dengan luas enam hektar hanya menghasilkan Rp 18 juta. Namun kini dengan ada tambahan menanam cabai hanya dengan dua hektar, petani bisa mendapatkan Rp 100 juta.

“Apalagi sekarang harga cabai Rp 25 ribu/kg. Selain cabai, empat hektar lainnya kami tanami mentimun dan kacang panjang," katanya di sela-sela kunjungan plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap kelompok tani yang mendapatkan program pertanian keluarga dapat mengembangkanya. Seperti Poktan Sri Tani dan Taruna Mekar bisa memanfaatkan dengan baik program ini dengan menanam tiga komoditas yaitu cabai, mentimun dan kacang panjang.

Semoga program ini bisa turun lagi tahun depan untuk kelompok tani lainnya, sehingga produktifitas terus berlanjut karena Pandeglang sentra komoditas penyangga Banten dan nasional," harap Irna

Sementara itu Sarwo Edhy menilai Kabupaten Pandeglang berhasil dalam Program Pertanian Keluarga. Hal ini terlihat dari dampak positif yang dihasilkan dari program ini terhadap dua Kelompok Tani (Poktan) yang menerima bantuan pada tahun 2021

“Saat ada program bantuan dari pemerintah yang berhasil meningkatkan pendapatan petani harus dimasyarakatkan kepada petani lainnya,” katanya. Dengan berhasilnya program pertanian keluarga, tujuan pemerintah meningkatkan kesejahteraan petani, menumbuhkan perekonomian pedesaan dapat terwujud.

"Ketika perekonomian petani tumbuh, perekonomian desa tumbuh, daerah juga akan tumbuh. Kita ketahui Pandeglang penyangga pangan Banten dan Banten penyangga nasional," katanya.

Reporter : Suroyo
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018