Senin, 22 April 2019


Mudahnya Merawat Anggrek Bulan

17 Jan 2019, 15:28 WIBEditor : Yulianto

Jajat sedang menunjukkan koleksi anggrek bulan | Sumber Foto:Pipet

Sangat mudah merawat anggrek bulan. Hanya dengan membeli tanaman yang sudah dewasa, kita tidak perlu melakukan pemupukan lagi

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Bosan dengan pemandangan rumah yang itu-itu saja? Tanaman hias anggrek bulan dapat menjadi salah satu solusi untuk mempercantik rumah.

Tidak sulit untuk merawat tanaman anggrek bulan ini. Tanpa perlu membibit tanaman anggrek bulan dari awal, kita dapat membeli anggrek bulan yang sudah dewasa dan berbunga. Sangat mudah merawatnya. Hanya dengan membeli anggrek bulan yang sudah dewasa, kita tidak perlu melakukan pemupukan lagi. Cukup perawatan dengan penyiraman secukupnya dan intensitas cahaya matahari yang diberikan.

Menurut Jajat (20), pegawai salah satu pavling Taman Anggrek Ragunan, yang perlu diperhatikan adalah intensitas cahaya matahari yang diterima tanaman. “Tanaman anggrek bulan sebaiknya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena tanaman tersebut tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya matahari,” ujarnya saat ditemui pada Senin (14/1).

Jajat menambahkan, tanaman anggrek tidak memerlukan banyak air. Cukup dengan menyirami tanaman tiga hari sekali dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Siram tanaman dengan cara disemprot menggunakan sprayer pada bagian daunnya. Sebab, air diserap lebih banyak melalui daun daripada akarnya.

Tanaman hias anggrek bulan ini kebanyakan dibudidayakan dalam pot, baik untuk hiasan yang diletakkan di meja maupun di dinding-dinding rumah. Pot yang dianjurkan adalah pot transparan atau pot bening supaya memudahkan dalam mengatur masuknya air ke dalam media dan akar tanaman.

Namun Jajat mengatakan, tetap dapat menggunakan pot yang bermacam-macam bentuk dan warna asalkan dapat mengatur pemasukan air yang masuk ke dalam tanaman. Pot tanaman dapat diletakkan di ruang tamu, kamar, ruang keluarga, maupun halaman depan rumah.

Bagaimana? Mudah bukan merawat tanaman anggrek bulan di rumah. Tanaman hias anggrek bulan memiliki bermacam-macam warna yang menjadikan pemandangan rumah lebih berwarna dan menyegarkan.

Maka dari itu, yuk percantik rumah dengan koleksi anggrek bulan. Bagi yang berminat hanya cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 95 ribu hingga 125 ribu bisa mendapatkan satu pot anggrek bulan, tergantung jenisnya

 

Reporter : Pipiet Endwiyatni
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018