Senin, 22 April 2019


Begini Cara Mudah Pilih Bunga Segar

18 Jan 2019, 17:20 WIBEditor : Gesha

Bunga potong segar masih menjadi incaran pecinta bunga untuk mempercantik rumah | Sumber Foto:ISTIMEWA

Ada tips yang bisa dilakukan pecinta bunga untuk memilih bunga segar

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Semarang --- Dalam beberapa perayaan seperti Hari Raya Keagamaan, pernikahan atau bahkan wisuda, bunga menjadi bagian penting.

Lalu bagaimana caranya untuk memilih bunga segar nan indah?Berikut ini cara mudah memilih bunga segar dari Forist Semarang.

1. Periksalah bagian bawah batang

Saat membeli bunga segar ditoko bunga bunga, tanyalah terlebih dahulu kepada pemilik toko, bunga mana yang baru saja dikirim. Setelah itu periksalah bunga tersebut dengan seksama. Tekan pada bagian bawah batang. Jika sudah lembek dan berbau, berarti bunga sudah lama dan kurang bagus. Sebaliknya, jika masih keras dan kencang itu bertanda bunga masih dalam kondisi segar.

2. Pilihlah bunga yang masih kuncup

Bunga biasanya memiliki periode mekar yang relatif pendek, terlebih lagi jika sudah dipotong dari tumbuhannya. Maka dari itu, pilihlah bunga yang masih dalam kondisi kuncup. Mengapa demikian? Karena bunga dalam kondisi kuncup akan tetap mekar berlahan sehingga Anda bisa menikmati keindahan bunga yang mekar lebih lama.

3. Kelopak bunga yang ditutupi cone penutup

Usahakan pilih bunga yang kelopaknya masih tertutup dengan cone pembungkus. Selain bunganya masih segar, kelopak pada bunga tersebutpun tidak berguguran dan terlindungi dari debu dan kotoran. Sehingga nilai keindahan atau estetika dari bunga tidak berkurang.

4. Beli bunga saat terakhir

Jika Anda berencana untuk membeli alat dan bahan untuk merangkai bunga secara bersamaan, maka belilah bunga disaat terakhir setelah Anda mendapatkan semua perlengkapan yang dibutuhkan.

Hal tersebut bertujuan, agar bunga yang Anda beli tetap segar sampai Anda tiba dirumah nantinya.

Karena waktu yang dipergunakan untuk membeli barang lainnya pasti akan memakan waktu yang cukup lama, jadi jika Anda membeli bunga terlebih dahulu, bunga pasti menurun tingkat kesegarannya disebabkan terlalu lama diluar ruangan tanpa air.

5. Siapkan wadah yang berisi air

Hal ini dipeuntukkan kepada Anda yang memiliki rumah dengan jarak tempuh yang cukup jauh dengan toko bunga yang dituju. Jangan sampai bunga kekeringan dan kurang air, karena bisa membuatnya mudah layu dan tidak segar lagi.

6. Bersihkan bagian bawah batang

Jika sudah sampai di rumah, bersihkanlah bagian bawah batang bunga sebelum menaruhya di wadah atau vas yang cantik. Karena terlalu lama di air, bagian batang yang terkena air biasanya akan mengeluarkan lendir. Maka dari itu bersihkanlah supaya tidak membusuk dan layu. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018