Thursday, 17 June 2021


Kementan Berniat Bangun UPT Perbibitan di Indonesia Timur

07 Jun 2021, 10:09 WIBEditor : Yulianto

Ternak sapi di BIB Lembang | Sumber Foto:Dok. Ditjen PKH

TABLOIDSINARTANI.COM, Lembang--Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) mengharapkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) perbibitan nasional dapat dibangun di setiap pulau di Indonesia, termasuk wilayah Indonesia Timur seperti Pulau Sulawesi dan Papua yang potensial untuk pengembangan sapi.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah saat menyambut kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI di Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Sabtu (5/6). “Jika UPT perbibitan dapat dibangun di wilayah tersebut, mak kami berharap penyediaan bibit sapi dapat berkelanjutan,” katanya.

Nasrullah menilai, wilayah Indonesia Timur memiliki potensi lahan dan pakan yang sangat mendukung agar sapi dapat berkembang dengan baik. Saat ini 10 UPT Perbibitan dibawah Ditjen PKH baru terwakili di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Lebih lanjut, Nasrullah juga meminta dukungan dari Komisi IV DPR RI dalam penguatan infrastruktur dan penambahan nilai asset UPT. Apalagi, mengingat UPT Perbibitan adalah salah satu sarana untuk mencapai kemandirian penyediaan bibit nasional dalam rangka peningkatan populasi dan produksi daging nasional.

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan Komisi IV DPR RI yang dipimpin Sudin berkesempatan melihat ternak-ternak yang ada di BIB Lembang.

Ternak yang dipelihara di BIB Lembang merupakan pejantan bersertifikat yang merupakan hasil seleksi dan Uji Zuriat pada sapi perah dan Uji Performa pada sapi potong. BIB Lembang juga secara rutin melaksanakan replacement (peremajaan) agar dapat menghasilkan pejantan yang produktif.

Jenis ternak yang ada saat ini adalah sapi perah, sapi potong, kerbau, kambing dan domba unggul. Adapun alokasi kebun rumput seluas 22,45 ha digunakan untuk penanaman rumput gajah, rumput odot dan rumput Afrika (African star grass) serta penanaman legume perdu dan pohon sebagai sumber protein atau green concentrate.

BIB Lembang juga sedang mengembangkan konsep Agro Edu Wisata sebagai wadah untuk mengedukasi masyarakat sekaligus meningkatkan pertumbuhan sosial dan ekonomi daerah.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin memastikan akan terus mendorong komitmen kinerja pembangunan peternakan, utamanya dalam kemandirian penyediaan bibit nasional, peningkatan populasi dan produksi daging nasional dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan protein hewani.

"Kunjungan kami ini agar dapat melihat secara langsung sekaligus mendapatkan informasi aspek terkait pembangunan peternakan baik dari segi perkembangan teknologi Inseminasi Buatan (IB), manajemen pemeliharaan, produksi, distribusi semen beku dan lainnya," kata Sudin.

 

Reporter : Julian
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018