Kamis, 18 Juli 2024


Ekspor Porang Menggeliat, Karantina Makasar Lakukan Bimtek di Sinjai

22 Okt 2022, 09:57 WIBEditor : Herman

Bimtek akselerasi ekspor komoditas porang di Sinjai

TABLOIDSINARTANI.COM, Sinjai --- Setelah sempat meredup, saat ini porang sebagai salah satu komoditas ekspor kembali menggeliat.  Karena itu Karantina Pertanian Makassar melakukan bimbingan teknis akselerasi ekspor komoditas porang di beberapa tempat salah satunya Kabupaten Sinjai.

Kabupaten Sinjai yang menjadi kabupaten penghasil porang nomor 2 terbesar di Sulawesi Selatan, menjadi pilihan Karantina Pertanian untuk dilakukan sosialisasi.

Bupati Kabupaten Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa. sangat mengapresiasi bimtek yang diadakan oleh Karantina Pertanian Makassar, menurutnya hal ini menandakan bahwa Kabupaten Sinjai mempunyai potensi besar dalam pengembangan usaha dan ekspor porang.

“Bimbingan Teknis ini merupakan pertanda terbukanya peluang besar pasar dan ekspor porang di Sinjai. Diharapkan hal ini dapat dimanfaatkan untuk dapat memberi nilai tambah pendapatan kepada para petani di Kabupaten Sinjai”, tutur Andi Seto dalam arahannya.

Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir yang di temui pada saat pembukaan bimtek mengatakan bahwa Bimbingan Teknis ini merupakan bentuk dukungan Karantina Pertanian Makassar dalam mendukung percepatan ekspor porang di Sinjai yang juga sejalan dengan program Kementrian Pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks).

“Karantina Pertanian Makassar terus melakukan penguatan layanan dan akselerasi ekspor melalui pelayanan karantina, yaitu penguatan laboratorium, pemenuhan sarana layanan khususnya di daerah sentra produksi dan wilayah kerja, serta terus melaksanakan bimtek dan pendampingan kepada petani dan para pelaku ekspor komoditas pertanian (klinik ekspor)”, tutur Lutfie.

“Harapan kami kepada peserta bimtek hari ini, bisa mengikuti dengan baik dan mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk usaha taninya, dan budidaya porang di kabupaten sinjai semakin meningkat”, sambungnya.

Komoditas porang ini sendiri bukan merupakan komoditas baru di Kabupaten Sinjai, diharapkan kedepannya porang dapat menjadi komoditas yang potensial dan memberi lahan ekonomi baru bagi para petani di Sinjai.

Bimbingan Teknis di Kabupaten Sinjai ini turut menghadirkan beberapa narasumber antara lain, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Sulsel Syamsuddin, Kasi Akabi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulsel Moch Kamrah,  Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai Kamaruddin. Dengan mengundang para penyuluh pertanian serta para petani porang di Kabupaten Sinjai.

Reporter : Suriady
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018