Saturday, 23 October 2021


BPPSDMP Mendominasi Juara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kementan 2021

12 Oct 2021, 16:13 WIBEditor : Gesha

Kepala BPPSDMP, Prof Dedi Nursyamsi (kanan) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kementan | Sumber Foto:BPPSDMP

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Kementerian Pertanian setiap tahunnya mengapresiasi upaya keterbukaan informasi publik di satuan kerja (Satker) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam bentuk Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kementan. Tahun 2021 ini, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan UPTnya mendominasi kinerja keterbukaan informasi publik ini. 

"Di masa sekarang ini, keterbukaan informasi publik menjadi bagian dari suksesnya kontribusi pertanian dalam pembangunan Indonesia, " ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kementan tahun 2021, Senin (11/10). 

Menurutnya, dari adanya informasi bisa membuat berbagai pihakmembangun berbagai hal. "Bisa melahirkan data menjadi konsepsi, termasuk melahirkan program-program dan kegiatan. Inilah yang kita lakukan, " tegasnya. 

Mentan menyebutkan, keterbukaan informasi publik ini juga membangun akuntabilitas publik yang melihat kesesuaian data, harapan serta kebutuhan publik khususnya masyarakat tani. "Dari akuntabilitas ini bisa membentuk team work solid di Kementan, " tambahnya. 

Karena itu, setiap tahunnya Kementan mengapresiasi kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan mengukur aspek keterbukaan informasi publik di unit kerjanya, melalui komitmen, inovasi, serta kolaborasi dalam penderasan informasi publik. 

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Sekretaris Jenderal Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan tahun 2021 ini kegiatan pemeringkatan keterbukaan informasi publik diikuti oleh 175 unit kerja dan unit pelaksana teknis lingkup Kementan, mulai Juli hingga September 2021.

"Adapun kompenen penilaian antara lain pengisian self assestment kuisioner, penilaian website, optimalisasi penggunaan portal PPID, inovasi dalam penyebaran informasi publik serta komitmen pimpinan unit kerja dan UPT, " jelasnya. 

Proses penilaian dilakukan secara ketat dengan dewan juri dari Komisi Informasi Pusat, Lembaga Swadaya Masyarakat, Pengamat Keterbukaan Informasi Publik, dan Akademisi. 

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan UPTnya mendominasi kinerja keterbukaan informasi publik ini. Mulai dari Komitmen Pimpinan Eselon I Terbaik oleh Kepala. BPPSDMP (Prof.Dedi Nursyamsi). Dan PPID Peringkat 2 kategori Es 1 Eselon I diraih oleh BPPSDMP sebagai unit kerja “Informatif". 

Predikat Unit Kerja Informatif Terbaik ke 3 juga diraih oleh PPID Eselon II Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Diikuti terbaik ke 4 oleh Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi dan terbaik ke 6 oleh PPID Eselon II Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang serta terbaik ke 10 oleh PPID Eselon III Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi.

Menanggapi hal ini, Kepala BPPSDMP, Prof. Dedi Nursyamsi menuturkan, hal ini menjadi buah kerja keras bersama seluruh unit kerja di lingkup BPPSDMP. "Dari papan bawah, meloncat ke terbaik. Capaian luar biasa. Dapat bonus juga predikat Komitmen Pimpinan Eselon I Terbaik, " tuturnya. 

Kerja keras ini diakui dirinya dimulai dengan perbaikan manajemen, kinerja dan program, termasuk SDM yang mengelolanya. "Misalnya ada staff yang membawahi media sosial, serta adanya pelayanan cepat, praktis serta substansial bagi pengguna jasa, " tuturnya. 

Sarana prasarana juga mulai diperbaharui di lingkungan BPPSDMP, salah satunya peralatan IT. Bahkan setiap bulannya selalu ada diskusi mengenai program/substansi produk informasi publik yang akan dihadirkan. "Berkat ini ada hasil/output yang jelas. Substansi yang disampaikan kepada publik terutama tupoksi BPPSDMP, selain data tetapi juga produk yang dihasilkan BPPSDMP. Contohnya video blog yang bisa memberikan hasil yang menarik, " jelasnya. 

Setelah mendapatkan predikat terinformatif ini, Prof Dedi mengaku akan menjaga dan meningkatkan irama ini, dengan dukungan materi pelatihan menulis, MC, bahkan audio visual. 

Karenanya, dirinya berharap UK/UPT BPPSDMP tetap semangat dengan kinerja dan mengelola PPID khususnya dalam pelayanan publik secara benar, efektif dan tidak bias. Termasuk meningkatkan kapasitas dan kreativitasnya masing-masing serta memahami substansi BPPSDMP dan UPTnya agar bisa menghadirkan produk informatif. 

"Kita genjot terus program produk BPPSDMP agar mudah diterima oleh pengguna jasa khususnya petani dan penyuluh bahkan Kementrian Pertanian. Jangan sampai bias, " tuturnya. 

Good Governance

Keterbukaan informasi publik menjadi tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance). Ditambah lagi dengan modernisasi teknologi informasi dan komunikasi memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat. 

Dengan keadaan tersebut, pemerintah dituntut untuk membuka diri kepada masyarakat untuk memberikan infomasi-informasi dan kebijakan-kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses dari mana sajasaja. 

Adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) maka pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat.

Karenanya, Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana menuturkan dirinya mengapresiasi kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian 2021. "Kepada UK dan UPT yang mendapatkan predikat Informatif, bisa menjadi momentum keterbukaan informasi publik di Kementan menjadi lebih baik, " tuturnya. 

Sebab dengan kebebasan informasi, di satu sisi harus mendorong akses publik terhadap informasi secara luas. Sementara di sisi yang lain, kebebasan informasi juga sekaligus dapat membantu memberikan pilihan langkah yang jelas bagi pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan secara strategis.

Reporter : Cha
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018