Friday, 07 May 2021


Panen Semangka 30  Ton, Petani Nunukan Untung Ratusan Juta

20 Mar 2021, 14:58 WIBEditor : Ahmad Soim

Panen Semangka di Nunukan | Sumber Foto:Ibnu Abas

 

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Nunukan - Andi Jumadil  (43) petani yang tergabung dalam kelompok tani Cahaya Lestari Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara melakukan panen semangka setelah melewati 65 hari setelah tanam.

“Mulai panen sudah seminggu yang lalu, Alhamdulillah panen bisa mencapai 30 ton, jumlah tanaman sekitar 3500 pohon atau setengah hektar lebih rata-rata 2 buah semangka per pohon dengan berat per biji antara 4-6 kg,” ujarnya.

Jenis semangka yang dibudidayakan  adalah  tanpa biji dan sebagian semangka berbiji. Menurutnya Budidaya semangka tanpa biji memerlukan perhatian khusus karena harus dilakukan penyerbukan secara manual.

“Serbuk sari dari bunga jantan semangka berbiji diambil seperlunya dan dioleskan secara merata pada bakal buah semangka tanpa biji, proses penyerbukan ini dilakukan pada pagi hari,” katanya.

BACA JUGA:

> Gubernur Irianto Lambrie Hibahkan Tanah untuk BPTP Kaltara

> Petani Kaltim dan Kaltara, Waspadai dan Antisipasi Dampak La Nina !

Soal harga semangka Jumadil mengakui sekarang ini di Nunukan lumayan bagus, semangka tanpa biji di jual eceran Rp 10.000 per kg sementara semangka biji di banderol Rp 9000 per kg. “Kalau dijual secara borongan semangka tanpa biji Rp 6000 per kg sementara yang berbiji Rp 5000 per kg, kebanyakan hasil panen kali ini kita jual secara eceran, hanya sebagian kecil diborongkan,” tambahnya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Nunukan, Sambiyo mengungkapkan untuk petani hortikultura terutama semangka dan melon di Nunukan mereka kompak dan bagus.

“Penanaman semangka dan melon mereka saling mengatur waktu sehingga tidak terjadi panen  secara bersamaan yang berpotensi turunnya harga, yang penting stok buah semangka di pasar jangan sampai kosong,” jelasnya.

Ia mengakui, pemasarannya tidak hanya di Nunukan tapi juga ke pulau Sebatik bahkan biasanya dikirim sampai ke Tarakan.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Nunukan Selatan, Samsiar mengatakan kelompok tani cahaya lestari ini memang rutin membudidayakan tanaman hortikultura terutama semangka dan melon.

“Melalui penyuluh pertanian wilayah binaan kita senantiasa melakukan pendampingan kepada petani maupun kelompok tani agar usaha taninya bisa berhasil sampai panen,” ucapnya.

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Ibnu Abas
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018