Monday, 06 December 2021


Selamat Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja Diplomat yang Berjasa dalam Nasionalisasi Perkebunan

06 Jun 2021, 18:34 WIBEditor : Ahmad Soim

Prof Mochtar Kusumaatmadja | Sumber Foto:Wikipedia.com

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Indonesia kembali kehilangan tokoh diplomat ulung, yang juga berjasa dalam nasionalisasi perusahaan perkebunan asing di Indonesia.

Ia adalah Prof. Mochtar Kusumaatmadja yang meninggal dunia pada Minggu 6 Juni 2021.
Tokoh perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita yang juga Komisaris Utama PT DKS penerbit Tabloid Sinar Tani mengucapkan ikut berduka cita atas wafatnya Prof. Mochtar Kusumaatmadja.

"Prof Mochtar Kusumaatmadja banyak juga jasanya untuk perkebunan negara, karena beliau dengan Prof. Gautama berhasil di forum pengadilan di Eropa membela kepentingan Indonesia setelah pengambil alihan perusahaan perusahaan Belanda," ungkap Soedjai Kartasasmita yang juga Ketua Umum Badan Kerjasama Perusahaan Perkebunan Sesumater (BKS PPS).

BACA JUGA:

Setelah pengambil alihan perusahaan perusahaan Belanda pada akhir tahun 1957, lanjut Soedjai Kartasasmita, pihak Belanda masih mengharapkan  dalam waktu dekat perusahaan perusahaan itu akan dikembalikan ke pemiliknya.

Harapan mereka Mahkamah Agung di Belanda, MA di Jerman akan memenangkan fihak Belanda sehingga dengan penuh harapan mereka buka kantor di Singapore.

"Tapi berkat kegigihan perjuangan Prof. Gautama dan Prof. Mochtar Kusumaatmadja akhirnya Pemerintah Belanda mengalah dan dengan rasa kecewa Kantor kantor mereka si Singapore ditutup," jelasnya.

Atas dasar perjuangan mereka ini Pemerintah Jerman (waktu itu namanya Jerman Barat) merasa perlu untuk menggandeng Pemerintah Indonesia sebagai tanda persahabatan kemudian disepakati agar lelang tembakau dialihkan dari Amsterdam ke Bremen dan kemudian dibentuk perusahaan patungan di Hamburg yang diberi nama Indoham.Sayang sekali dua duanya sudah almarhum.

Dalam upaya ini, jelas Soedjai Kartasasmita juga perlu dikenang jasa jasa Bapak Suyoto Martowardoyo ( ayahnya Bapak Agus Martowardoyo Menteri Kesehatan RI) dalam pembentukan kedua usaha patungan tersebut. Beliau juga menginisiasi pelelangan teh di kota Antwerp Belgia yang sekarang juga sudah almarhum.

Ketiga orang inilah yang banyak jasanya dalam memelihara hubungan dagang Indonesia Eropa setelah pengambil alihan perusahaan perusahaan Belanda.

Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M. adalah seorang akademisi dan diplomat Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dari tahun 1974 sampai 1978 dan Menteri Luar Negeri dari tahun 1978 sampai 1988. Selain itu ia adalah guru besar di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung.

Prof Mochtar Kusumaatmadja lahir 17 April 1929 dan meninggal pada 6 Juni 2021.

-----

 Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018