Rabu, 12 Desember 2018


4 Hal Ini yang Dilaporkan PPL Sukabumi Secara Online dan Real Time

05 Des 2018, 10:12 WIBEditor : Ahmad Soim

Sosialisasi Apikluhtan di Sukabumi Jabar | Sumber Foto:Susi

TABLOIDSINARTANI.COM - Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Cisaat Kabupaten Sukabumi  mengadakan kegiatan Latihan dan kunjungan (Laku )  dua mingguan mensosialisasikan aplikasi online sistem Pelaporan  Kinerja Penyuluh Pertanian (Apikluhtan) secara Online.   Ada empat hal yang harus dilaporkan PPL dalam aplikasi pelaporan online ini.

 

APIKLUHTAN ditujukan untuk penyuluh pertanian dalam melaporkan kegiatan pendampingan kepada para petani secara online dan real time (langsung saat itu). Pendampingan yang dilakukan secara harian, mingguan maupun bulanan dilaporkan penyuluh melalui APIKLUHTAN Real Time Penyuluh Pertanian. "Pelaporan berbasis internet  ini ternyata lebih mudah, cepat dan tepat waktu," kata Susi Penyuluh Pertanian Sukabumi, Jawa Barat.

 

BACA JUGA:

> Kerja Apik Penyuluh melalui Aplikasi APIKLUHTAN

> Temu Teknis Penyuluhan di Muara Enim Bahas Peningkatan Produksi Pangan

> Membuat Makaroni Singkong

 

Dengan pelaporan melalui Apikluhtan ini  kinerja penyuluh pertanian akan semakin terukur khususnya dalam mendukung program strategis penyuluhan pertanian.  Pendampingan yang dilaporkan meliputi : 1.) Pendampingan dan pengawalan UPSUS program pembangunan pertanian; 2.) Optimalisasi pemanfaatan Alsintan, 3.) Pengawalan penyerapan gabah/ beras oleh BULOG, dan 4.) Penyampaian informasi pertanian melalui media sosial.

 

Dalam kegiatan sosialisasi  Apikluhtan ini dihadiri oleh para penyuluh di BP3K Cisaat dan perwakilan penyuluh dari  BP3K  lain khususnya wilayah 1 dan 2 Kabupaten Sukabumi. Setelah sosialisasi ini diharapkan penyuluh dapat menyebarkan informasi  kepada penyuluh yang ada di tiap BP3Knya dan memulai pelaporan online secara bertahap.

 

Susi - PPL Sukabumi

Reporter : Lina
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018