Tuesday, 03 August 2021


Uji Mutu Alsintan di UPT Teknis Mektan Sumut

16 Apr 2021, 16:30 WIBEditor : Ahmad Soim

Uji mutu Alsintan | Sumber Foto:RE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Medan – Institusi pengujian alat dan mesin pertanian (Alsintan) di Sumatera Utara diminta melakukan inovasi uji mutu Alsintan agar menguntungkan petani.

Plt Kadis Ketahanan Pangan Hortikultura (TPH) Sumtera Utara I. Bahruddin Siregar, MM mengatakan hal itu saat berkunjung ke UPT teknis mekanisasi pertanian (UPT Mektan).

“UPT Mektan perlu fokus kepada tupoksi dengan terus berinovasi dalam uji mutu  alat mesin pertanian agar petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” tambahnya.

Hal ini disampaikan pada saat peninjauan  lokasi bengkel  mutu Alsintan UPT Mektan Jl. AH Nasution. Ikut mendampingi Kabid Tanaman Pangan Ir Jueini MM. Rabu/07/04/2021.

BACA JUGA:

Dengan dilakukan pengujian mutu Alsintan ini, konsumen dapat ,mengetahui spesifikasi alat yang mau dibeli juga kapasitasnya, serta modifikasi alat  sangat  penting dalam penggunaannya mempermudah petani.

Kepala UPT Mektan ,Efendi Pane mengatakan banyak permintaan pihak luar untuk melakukan pengujian mutu alsintan disini, termasuk dari prov Aceh. Pada tahun 2021, permintaan pengujian Alsintan 25 Unit.

Metode pengujian alsintan disini mengacu pada SNI. Hasil dari pengujian mutu alsintan pemrosesan gabah diketahui alat ini dapat meningkatkan kebersihan gabah  minimal 70 sampai 95 persen,  efesiensi kerontokan  minimal 98 persen dan kehilangan hasil  5 persen, kadar gabah retak  2 persen, serta tingkat kebisingan 90 desibel.

 

   ===

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018