Tuesday, 03 August 2021


SPI Banten Galang Upaya Pemanfaatan Lahan dan Koperasi untuk Kedaulatan Pangan

28 May 2021, 05:57 WIBEditor : Ahmad Soim

Halal bi Halal SPI Banten | Sumber Foto:Suroyo

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Serang -- Serikat Petani Indonesia Banten bersama Koperasi Petani Indonesia membangun upaya bersama untuk pengelolaan lahan pertanian dan kelembagaan koperasi agar bisa membantu Banten mewujudkan kedaulatan pangannya.

Dalam acara Halal bi halal DPW Serikat Petani Indonesia (SPI) Banten bersama Koperasi Petani Indonesia (KPI) Banten  diusung tema "Memperkuat Organisasi untuk Meraih Kemenangan dan Mewujudkan Kedaulatan Pangan".

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Umum DPP-SPI Agus Ruli Ardiansyah, dihadiri oleh para pengurus SPI wilayah, cabang dan basis, serta anggota KPI Banten. Juga para tamu undangan jaringan gerakan rakyat di Banten. “ Pertemuan ini membahas antara lain tentang perjuangan Reforma Agraria, kedaulatan pangan, pertanian agroekologis dan koperasi, ujarnya.

BACA JUGA:

Rais Ketua Tim Reforma Agraria Serikat Petani Indonesia (TRA-SPI) Banten dalam pertemuan menyatakan bahwa SPI saat ini masuk ke dalam Tim Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Penguatan Kebijakan Reforma Agraria, bersama Kepala Staf Kepresidenan RI, Menteri LHK, Menteri ATR, Kepolisian, TNI dan kementerian/lembaga lainnya. "Karena itu SPI Banten tengah berfokus pada penyelesaian konflik agraria prioritas di Cibaliung Pandeglang, Gorda Serang, Cigemblong Lebak, Picung Pandeglang dan Banjar Pandeglang. Kita akan koordinasi terus dengan pemerintah daerah untuk mendukung Reforma Agraria", ujar Rais.

Pertemuan juga membahas pengembangan ekonomi petani anggota SPI melalui KPI Banten. Koperasi sebagai kelanjutan dari tata kelola produksi.

Anie Afiana Ketua KPI Banten menyampaikan, "KPI Banten tengah melakukan pendataan hasil panen anggota secara presisi, penyusunan rencana usaha yang lebih sistematis, pengolahan paska panen, dan distribusi/pemasaran antar basis".

"Dengan demikian pertanian akan terintegrasi dari hulu ke hilir, antara budidaya dan pengolahan paska panen, dengan keluarga petani sebagai aktor kunci untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan", pungkas Anie.

KPI Banten telah berdiri sejak tahun 2019. Sementara ini mengembangkan unit usaha kopi gunung karang, gula aren cigemblong dan minyak kelapa.

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

 

Reporter : Suroyo
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018