Senin, 22 April 2024


Curug Maribaya, Wisata Legendaris di Lembang

01 Mar 2024, 10:30 WIBEditor : Yulianto

Curug Maribaya menjadi salah satu destinasi wisata legendaris di Lembang, Jawa Barat | Sumber Foto:Julian

TABLOIDSINARTANI.COM, Bandung Barat---Lembang menjadi salah satu lokasi destinasi wisata favorit bagi kaum pelancong dalam negeri. Dengan udaranya yang sejuk, membuat wisatawan bisa merasakan kenyamanan untuk menghilangkan penat setelah sibuk bekerja. Apalagi bagi yang bekerja di kota-kota besar, seperti DKI Jakarta.

Lembang merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dari Kabupaten Bandung Barat, kecamatan ini berjarak sekitar 22 kilometer ke arah timur laut melalui Cisarua. Pusat pemerintahannya berada di Desa Lembang.

Dengan ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut (dpl), membuat Kecamatan Lembang terkenal sebagai tujuan wisata karena kesejukan udaranya. Suhu rata-rata berkisar 17-27 derajat celcius. Titik tertingginya ada di Puncak Gunung Tangkuban Parahu yang menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal.

Di tengah tumbuhnya berbagai wisata yang kini marak di Lembang, lokasi wisata yang cukup populer dan terkenal sejak lama adalah Curug Maribaya. Kawasan wisata alam yang terkenal dengan pemandian air panas hingga kini masih menjadi lokasi tempat healing bagi keluarga.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari alun-alun Lembang atau Pasar Lembang, hanya sekitar 15-20 menit sudah bisa sampai di Curug Maribaya melalui jalan Maribaya. Untuk mencapai lokasi, wisatawan yang membawa kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor, harus melalui jalan menurun yang cukup curam, sehingga perlu kehati-hatian. Namun demikian, kondisi jalan cukup baik dengan aspal yang cukup mulus.

Setelah lama tak berkunjung ke Curug Maribaya, Tabloid Sinar Tani berkesempatan kembali bisa menikmati wisata legendaris ini. Bisa dibilang legendaris, karena sebelum tumbuhnya berbagai wiasata di Lembang, Curug Maribaya menjadi salah satu lokasi yang banyak didatangi wisatawan dari berbagai daerah. Namanya pun kini lebih kekinian yakni Maribaya Natural Hotspring Resort.

Berapa sih tiket masuknya? Baca halaman selanjutnya.

 

 

Reporter : Julian
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018