Sabtu, 22 Juni 2024


ICARE Jabar : Prokseta, Produksi Kentang Sepanjang Tahun

21 Okt 2023, 08:43 WIBEditor : Gesha

Hasil produksi Kentang di Garut dengan pendampingan program ICARE | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Garut -- Jangan lagi khawatir tentang pasokan kentang setiap musim! ICARE Jabar memperkenalkan Prokseta, Solusi Produksi Kentang Sepanjang Tahun!

Terkait Program Integrated Corporation of Agricultural Resources Empowerment (ICARE) yang dicanangkan oleh Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) di bawah Kementerian Pertanian, Jawa Barat dipilih sebagai salah satu dari 9 provinsi di Indonesia untuk menjalankan program ini.

Kolaborasi dengan Bank Dunia, program ini bertujuan memajukan pengelolaan kawasan dan rantai nilai komoditas pertanian dengan pendekatan yang berkelanjutan dan inklusif melalui koperasi petani.

Salah satu lokasi pelaksanaan program ICARE di Provinsi Jawa Barat adalah Kabupaten Garut, yang salah satunya fokus pada pengembangan komoditas kentang. Kabupaten Garut dikenal sebagai produsen kentang yang penting untuk industri pengolahan.

Beberapa kecamatan di wilayah ini, seperti Pasirwangi, Cikajang, Cisurupan, Sukaresmi, dan Cigedug, menjadi pusat produksi kentang.

Namun, setelah penelitian oleh BPSIP Jawa Barat sebagai pelaksana program ICARE, ditemukan bahwa petani kentang di wilayah-wilayah ini menghadapi berbagai tantangan.

Ini termasuk aspek-aspek seperti teknik budi daya, panen, pasca panen, serta infrastruktur produksi. Petani kentang di Kabupaten Garut juga mengalami kendala dalam pemasaran produk mereka.

Untuk mengatasi permasalahan ini, BPSIP Jawa Barat telah merancang solusi alternatif yang disebut Produksi Kentang Sepanjang Tahun (PROKSETA).

Program PROKSETA adalah inisiatif unggulan ICARE Jawa Barat yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas kentang di Kabupaten Garut.

Program ini juga berusaha mengatasi permasalahan seperti fluktuasi harga yang sering terjadi akibat over supply pada musim panen hujan dan kelangkaan pada musim kemarau.

Untuk mencapai tujuannya, PROKSETA mengelola pola tanam sepanjang tahun dengan penerapan standar Good Agricultural Practices (GAP) dan Good Handling Practices (GHP).

Selain itu, program ini fokus pada penerapan sapta usaha tani dan pengaturan jadwal tanam yang merata di seluruh lahan petani peserta program ICARE. Semua upaya ini dilakukan untuk menciptakan stabilitas dalam produksi dan harga kentang di wilayah tersebut.

Lantas bagaimanakah proses penerapan Prokseta itu sendiri?Klik Selanjutnya.. 

Reporter : Ika, Rustan, Yayan
Sumber : BSIP Penerapan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018