Friday, 07 May 2021


D’bog Crispy Karya Petani Rembang, Renyah dan Menyehatkan

15 Apr 2021, 08:19 WIB

Kripsi dari Batang Pisang | Sumber Foto:Nuril Anwar

 

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Rembang -- Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki, Desa Sriombo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang – Jawa Tengah mempunyai ide manarik. Mereka mengolah batang pisang yang biasa disebut gedebog menjadi produk makanan  yang mereka namai  D’bog Chrispy.

Awalnya KWT SRI Rejeki coba-coba memanfaatkan waktu luang habis panen,  dengan ide kreatif memanfaatkan batang pisang, hasilnya kemudian diinfokan lewat media online dan berakhir banyak pesanan.

Petugas Penyuluh Pertanian  wilayah binaaan ini Nuril Anwar mendampingi petani  beride kreatif ini agar produk tersebut mampu bersaing di pasaran. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang  menyambut dan mengapresiasi penuh atas ide kreatif ini yang telah mampu mengangkat perekonomian KWT di Desa Sriombo.

KWT Sri Rejeki merupakan Kelompok Wanita Tani yang berada di Desa Sriombo Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah. Kelompok Wanita Tani tersebut berdiri sejak tahun 2012 dengan program utamanya adalah pemanfaatan pekarangan. KWT Sri Rejeki sangat aktif melakukan pertemuan rutin di tanggal 21 setiap bulannya, dengan keaktifan dan prestasi para anggotanya, KWT Sri Rejeki tidak jarang mewakili Desa dan Kecamatan dalam event-event olahan pangan dan cipta menu di di tingkat kecamatan dan Kabupaten.

BACA JUGA:

Nuril Anwar sebagai Penyuluh pendamping memberikan challange atau tantangan kepada kelompok untuk      membuat      produk    yang akan menjadi ikon Desa Sriombo, dengan syarat produk tersebut harus berbahan dasar spesial lokalita, murah dan mudah didapat, yang kesemuanya itu merupakan syarat mutlak untuk membangun brand image lokal.

Tak Biasa

Pada saat itu sedang viral ekspor gedebog pisang ke negara Korea dan Jepang dengan harga sangat tinggi sebagai bahan baku alat kosmetik dan jamu, maka dari situlah ide muncul untuk mengolah bahan limbah tersebut. Memang tak lazim gedebog dimasak untuk makanan manusia. Selama ini gedebog pisang ketika sudah menghasilkan buah akan dibuang begitu saja, hal ini yang membuat kita bersemangat untuk melakukan inovasi.

Setelah melalui beberapa kali eksperimen untuk mendapatkan formula resep yang tepat dan cocok disertai dengan study literatur dan googling, Maka ditetapkanlah D’bog Chrispy sebagai produk olahan special lokalita KWT Sri Rejeki Desa Sriombo Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Bahan baku yang melimpah dan gratis diberikan warga untuk diolah, hal ini semakin mengurangi biaya produksi dan meningkatkan keuntungan.

Ternyata gedhebog pisang  memiliki kandungan gizi dan manfaat yang luar biasa, di antaranya sebagai detoksifikasi sistem pencernaan, mengobati batu ginjal dan Infeksi saluran kencing, menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol dan tekanan darah serta menyembuhkan asam lambung. Jadi lengkap sudah kandungan dan manfaat produk D’bog Chrispy ini.

Cara Membuat??

 

Reporter : Warsana dan Nuril Anwar
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018